Sabtu, 11 Juni 2011

Kiat Usaha Mengembangakan Usaha

Setiap usaha bisnis,baik pribadi, perusahaan besar, atau usaha dalam sebuah bisnis skala kecil, dapat mengubah langkah-langkah ssederhana untuk memperbaiki diri. Pertama kita perlu memiliki visi atau gagasan tentang apa ynag harus di perbaiki. Lalu ada langkah yang diikuti, termasuk pengukuran, pengorganisasian, mengurangi biaya dan mendapat lebih dari pelanggan.

Usaha mengembagkan bisnis sarana untuk bergerak maju dari situasi sekarang. Itu bisa berarti untuk menungkatkan keuntungan, mengurangi kerugian, mendapatkan lebih bnayak pelanggan, memperluas pasar, menjadi lebih terlihat di masyarakat , go public atau sejumlah barang lain yang dianggap diinginkan. Keinginan memulai usaha sendiri sering muncul di benak sebagian orang. Bisa mengerjakan sesuatu yang anda sukai dan mengatur ritme kerja sesuai keninginan  memang menggiurkan. Sedangkan bagi anda yang telah enjalankan usaha, Tentunya dapat bertahan menjalankan usaha merupak tantanggan tersendiri. Apalagi jika melihat mereka yang telah sukses denga usahnya sendiri. Berikut ini adalah Tips cerdas starategi bertahan dalam dunia usaha :
Tentukan Brand dan Positioning  Produk
                Brand dan Posistioning tersebut haruslah yang sesuai dengan target market dan dapat mewakili karakteristik dari barang yang diproduksi. Brand aksesori untuk remaja misalnya, tentunya harus dapat mewakili jiwa dan citarasa remaja atau kita membuka outlet pulsa, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
Tentukan Lokasi Penjualan
Lokasi penjualan ditentukan oleh lokasi calon pembeli. Calon pembeli harus mudah mencapai lokasi penjualan sehingga strategi pemasaran dapat berjalan dengan baik.
Dekati Calon Pembeli
Bisa dengan mengikuti Event semacam bazaar, membuat website, menyebarkan Flyer atau Brosur, hingga membuat iklan dan membuatnnya di media cetak maupun elektronik.
Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan
Dengan memuaskan pelanggan anda dengan produk-produk berkualitas tinggi dan layanan tambahan, anda akan mendapatkan bisnis yang berulang dan arahan. Tentu saja, anda harus memberikan harga kompetitip, dan mereka harus memiliki akses yag mudah ke produk anda.

Buat Penawaran Menarik
Dibulan-bulan pertama sebaiknya dibuat beberapa penawaran yang dapat menarik minat calon pembeli untuk mencoba menggunakan produk. Ubah penawaran pada waktu-waktu tertentu hinga posisi Brand dan Positioning kuat di bebak calon pembeli. Saat Brand dan positioning produk sudah mulai dikenal, bukan berarti keadaan sudah aman. Justru saat ini lah kondisi mulai berbahaya karena pesaingpun sudah muali mengenal anda. Lalu apa yang harus anda lakukan?
Network
Perluas jaringan dan membuka hubungan misalnya dengan meminjamkan produk menjadi propeti dalam majalah, mensponsori Event yang sesuai dengan sekmen konsumen, atau membuka lokasi penjualan baru. Dengan begitu, konsumen akan tambah mengenal produk anda.
Mengembangkan Usaha
Jika diawal anda merintis usaha, segmentasi target market anda adalah remaja, anda boleh saja merambah ke sekmen wanita dewasa. Selam jenis usaha dan jenis produknya nggak jauh berbeda, anda tinggal menyesuaikan strategi markting yang sudah ada.
Kuatkan Hati
Kerja keras dan pantang menyerah. Menjalankan usaha sendiri tentunya cukup melelahkan, menyita waktu dan pikiran. Sementara orang lain memperoleh pengasilan tetap setiap bulan, anda harus memikirkan berbagai pengeluaran. Inilah seni dari perjalanan usaha sendiri. Kuatkan hati, kerja keras dan pantang menyerah.
Nama Brand Usaha
Last but no least, jangan penah memilih nama brand yang sama persis dengan nama barand lain yang telah ada.
Mengukur dimana Anda Berada
Meskipun anda bisa mendapatkan “firasat” bahwa bisnis anda adalah memperbaiki, satu-satunya cara untuk memverifikasinya adalah dengan beberapa cara pengukuran yang valid. Hal ini dilakukan baik sbelum maupun setelah beberapa upaya penigkatan.
Mengatur Operasi
Dengan mengorganisir atau re-organisasi dan proses operasi anda, anda dapat membuat bisnis anda mesin yang lebih efektif. Ini termasuk menentukan tujuan, perencanaan.


Mengurangi Biaya
Dengan menggunakan total quality management ( TQM ) metode dan alat, serta konsep-konsep serupa lainnya, anda dapat mengurangi bahan yang terbuang, usaha, dan waktu dalam membuat, menjual, dan memberikan produk anda. Hasilnya adalah perbaikan dalam alur dasar perusahaan dan peningkatan keunggulan kompetitif.
Ukur Lagi
Ukur lagi untuk memverifikasi perbaikan pengembangan usaha bisnis anda.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites