Selasa, 07 Juni 2011

AUREL INVENTION, HOBI DAN USAHA

BENGKEL TATTOO

Tattoo adalah sebuah karya seni menghias bagian tubuh dengan gambar-gambar tertentu untuk membuat bagian tubuh tersebut tampak indah. Di beberapa daerah di dunia, seperti di Hawaii, India atau bahkan di Kalimantan, tattoo digunakan sebagai lambang atau penanda kedewasaan seseorang, terutama bagi kaum pria di daerah tersebut.
Namun sebagian masyarakat masih menilai bahwa tattoo selalu berhubungan dengan hal yang negatif. Meskipun banyak yang beropini tattoo adalah salah, karena bertentangan dengan norma agama tetapi dewasa ini semakin banyak masyarakat yang membuat tattoo, baik tattoo permanen maupun temporary. Bahkan, di kalangan selebriti, tattoo adalah sebuah trend, karena banyak sekali selebriti ber-tattoo saat ini.
Bukan hanya di kalangan selebrti, belakangan tatto telah menjadi trend sendiri di kalangan masyarakat umum. Bukan hanya kalangan atas, tetapi juga kalangan bawah, tidak hanya orang dewasa bahkan remaja serta anak sekolah pun tidak ingin ketinggalan menggunakan aksesoris yang satu ini.
Seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap tatto, maka semakin banyak pula para seniman pelukis tatto yang membuka bengkel tatto di berbagai penjuru kota. Tidak ketinggalan di kota Garut.
Berada di lantai dua Garut Plaza menghadap langsung ke jalan raya Guntur, terdapat sebuah bengkel tatto yang menawarkan pelayanan pembuatan tatto permanen, temporer serta body piercing. Dikenal dengan nama Aurel Invention, bengkel tatto ini mulai dirintis pada tahun 2004 oleh seorang seniman pencinta tatto yang dikenal dengan panggilan Imunk (23) dengan dibantu rekan-rekannya sesama seniman tatto.
Ditemui redaksi hari rabu, 11 januari 2011 lalu, terlihat kesibukan di bengkel tatto ini. Disela-sela kesibukan para seniman tatto Aurel Invention ini bekerja menyelesaikan pesanan tatto dari para pelanggan, kami berhasil mewawancarai salah seorang seniman tatto yang ikut membantu pekerjaan di bengkel tatto tersebut.
Saat ditanya mengenai alasan mengapa didirikan bengkel tatto Aurel Invention di GP ini, menurutnya hal ini dilakukan melihat perkembangan kreatifitas seni tatto untuk daerah Garut masih sangat kurang. Belum ada yang berani secara terang-terangan membuka usaha dan menjalankan bisnis seperti ini jelasnya. Umumnya para seniman tattoo di Garut hanya melakukan aktivitas pembuatan tatto secara tertutup di rumah. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang menganggap tatto itu sebagai simbol kriminalitas bukan berupa sebuah kreasi seni.
Mereka menyadari bahwa berdiri di jalur usaha pembuatan tatto ini bukanlah hal yang gampang. Perlu perjuangan ekstra, bukan hanya mencari bagaimana cara mengembangkan usaha bengkel tatto ini agar tetap eksis tetapi juga bagaimana meyakinkan masyarakat umum bahwa tidak selamanya orang yang bertatto itu memiliki citra negatif. Merubah citra tatto inilah yang mereka akui cukup sulit, namun mereka bersyukur bahwa sampai saat ini masyarakat tetap menerima dengan baik keberadaan bengkel tatto Aurel Invention ini.
Berbicara masalah konsumen atau pelanggan dari bengkel tatto ini mereka mengakui bahwa pelanggan bengkel tatto ini berkisar dari usia anak sekolah (SMP) hingga dewasa. Dengan dominasi anak sekolah SMP dan SMA dan jika dilihat dari gender, perempuan lebih mendominasi dalam pengguna/pemakai tatto ini. Menurut pemilik bengkel tatto ini, setiap tatto itu unik. Karena tatto yang dibuat tentu memiliki makna serta maksud tertentu yang mungkin hanya pemilik tatto-nya lah yang mengetahui maksudnya.
Ada dua jenis tatto yang tersedia di bengkel tatto ini, permanen tatto dan juga temporer tatto.
Untuk tatto temporer, bengkel tatto ini menggunakan pewarna dari hena yang dicampur dengan racikan sendiri dari bengkel tatto ini. Pewarna yang digunakan untuk pembuatan tatto temporer bengkel tatto ini memberikan jaminan halal untuk digunakan. Pembuatan tatto temporwer ini diakui lebih banyak untuk keperluan fashion semata. Sementara untuk harga, disesuaikan dengan kerumitan gambar yang akan dilukis. Semakin rumit gambar, maka semakin mahal pula harganya. Sementara untuk luas, bukan suatau masalah yang besar.
Sementara untuk tatto permanen, bengkel tatto ini menggunakan peralatan tatto yang di impor langsung dari beberapa negara luar. Mulai dari mesin, tinta, serta alat-alat lainnya. Dipatok dengan kisaran harga Rp. 5.500, 00- untuk setiap 1xcm2.
Bagi para pecinta seni lukis yang satu ini, tidak perlu khawatir akan kesterilan dari bengkel tatto Aurel Invention. Dalam pembuatan tatto di bengkel ini, dijamin kesterilannya, di mana penggunaan jarum tidak sembarangan dan hanya dipake satu kali saja.
Menarik bukan untuk memanfaatkan kulit tubuh sebagai media berekspresi dengan seni lukis yang satu ini. Berminat menghiasi tubuh anda dengan seni tato ini? Anda bisa langsung datang ke bengkel tatto Aurel Invention yang berada di lantai II Gedung Garut Plaza, atau bisa menghubungi pemilik bengkel tatto ini di alamat e-mail/ facebook : imunkneo@gmail.com.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites