Sabtu, 11 Juni 2011

BUMI DAN ANDA


Pembangkit Listrik Tenaga Angin ( Wind Power ) Semakin Murah
Ini kabar gembaira. Tenaga listruk ramah lingkungan lewat Pembangkit Listrik Tenaga Angin ( Wind Power) kini harganya makin murah. Menurut laporan Bloomberg New Energy Finance, harga wind power sekarang semakin kompetitif dengan tenaga listrik dari batu bara di belahan dunia. Selama beberapa tahun belakangann, saat permintaan atas turbin pembangkit tenaga listrik bertenaga angin makin banyak, perusahaan pembanguna turbin telah meneurunkan haga mereka. Yang artinya mesin tenaga listrik ramah lingkungan semakin kompetitif di banding sumber daya tenaga fosil seperti batu bara, gas alam, atau minyak bui. Menurut Blooberg, harga per megawatt turbin listrik tenaga angin mencapai 1,3 juta dollar AS  atau turun 17 % di banding biaya tahun 2007. Di Brazil, Meksiko, Swedia dan Amerika Serikat harga wind power sekarang AS$ 68/MWh sedang listrik batu bara harganya AS$ 67/MWh. Jika harga Listrik ramah lingkungan semakin murah atau setara, tak ada alas an lagi buat kita untuk mengabaikannya.
Bumi diterjang Asteroid Tahun 2036
                Sebuah laporan dari Rusia, seoerti dimuat Huffington Post, menyebutkan sebuah Asteroid yang diberi nama  Apophis mungkin akan menghantam bumi pada 2036, atau 25 tahun dari sekarang. Bahkan tanggal persis benda langit itu akan menubruk bumi sudah ada. “ Tabrakan sepertinya akan terjadi pada tanggal 13 April 2036,” kata Profesor Leonid Sokolov dari Universitas St. Petersburg, Rusia. Meski begitu, Sokolov mrngatakan kemungkinan terjadi tabrakan kecil. Tapi, tetap penting untuk menghadapi semua scenario yang ada. Ia menambahkan asteroid itu kemungkinan akan pecah jadi bagia-bagian kecil sebelum akhirnya menabrak bumi. Dugaan Aphopis akan menabrak bumi mengundang perhatian badan antariksa AS, NASA.” Secara teknis mereka ( para ilmuan ) benar. Memang ada kemungkinan terjadi tahun 2036,” kata Donald Yeomans, kepala kantor Program Objek Dekat Bumi NASA. Tapi, kata Yeomans, kemungkinan 1 : 250 ribu. Besar Apophis diperkirakan dua kali lapangan sepak bola.
Jumlah Planet Mirip Bumi Banyak
                Ada berapa Planet mirip Bumi di jagat raya? Menurut Seth Shostak, astronom SETI ( Search for Extraterrestial Search ), jumlahnya mungkin banyak. Planet mirip Bumi sesuatu yang umum di jagat raya. “ Dunia mirip Bumi mungkin sama umumnya dengan jumlah semut yang ditemui saat piknik, “ kata Shostak seperti dimuat Space.com Tanggapannya muncul setelah ditemukan 54 kandidat planet berpotensi mendukung kehidupan, hasil pengamatan teleskop ruang angkasa Kepler. “ Fakta menunjukan terdapat jauh lebih banyak kandidat planet yang ada, “ jelasnya. Meski Panet mirip Bumi sangat umum, namun hal itu tak menjamin adanya kehidupan di Planet tersebut. Jika pun ada, mungkin juga bukan kehidupan cerdas.” Mungkin juga bnyak terdapat kehidupan, tetapi sangat sedikit mahluk pintar yang bisa berkomunikasi lewat radio transmitter, “ pungkas Shostak.
Burung Punah, Bunga Ikut Punah
                Kepunahan burung bisa memicu kepunahan tanaman bunga. Kok, bisa? Beberapa tanaman bunga ternyata sangat tergantung pada burung untuk membantu proses enyerbukannya. Jika burung atak ada proses penyerbukan yang mengawali perkembangbiakan terganggu dan akhirnya bunga mati. Fakta itu telah dijumpai pada herba Rhabdothamnus Solandri yang banyak hidup do North Island, Selandia Baru. Populasi tanaman herba itu menurun drastic sejak hilangnya dua spesies burung di wilayah itu, Anthonius melanura dan Noiomystis cincta. Penemuan ini merupakan fakta penting/ Menurut pakar burung dari Universitas Queensland di Beisbane, Australia, Martin Maron, kejadian tersebut menggambarkan pentingnya peran burung. “ ( kehilangan burung) tidak hanyak kehilangan satu spesies kunci wilayah tertentubisa membuat eko system kolaps.” Jelasnya.

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites