Sabtu, 11 Juni 2011

FIGUR Mark Zuckerberg

Siapa yang nggak tau Facebook? Kalo nggak tau, udah pasti tuh orang kuper abis, atau bisa jadi baru dating dari luar angkasa. Situs ini sekarang jadi situs pertemanan paling tekenal di seluruh dunia. Mulai dari anak kecil, orang tua, artis, hingga politikus mengakses situs ini. Saking tekenalnya, Facebook sekrang sudah menggunakan 57bahasa dunia.

FACEBOOK diluncurkan pertama kali 4 feruari 2004 oleh seorang mahasiswa  Harvard bernama ark Elliot Zuckerberg. Lelaki jenius ini lahir di New York, 14 Mei 1984 dan besar dalam keluarga normal di Dobbs Ferry. Saat duduk di SMA Phillips Exeter Academy, Mark membuat program kominikasi antar karyawan kantor ayahnyayang membuka praktek dokter gigi. Setelah itu dia menciptakan program pemutar musik Synapse. Dari gagasan tersebut, perusahaan besar Microsoft dan AOL meliriknya. Mereka berebut ingin merekrut Mark sebagai pegawainya. Tapi keduannya di tolak mentah-mentah dengan alas an ingin kuliah.
Tahun 2003 dia menciptakan Coursematch, situs yang membiarkan mahasiswa memilih kelas berisi teman-teman yang diinginkan. Lalu terciptalah ide jaringan social Facemash.com. Sebenarnya dia sengaja menciptakan situs ini sebagai bnetuk protes situs resmi Harvard yang tidak mencantumkan direktori khusus untuk foto mahasiswa. Enurutnya justru dengan adanya foto dan data diri, seluruh mahasiswa bisa mengenalsatu sama lin. Apesnya, Harvard minta situs ini di tutup. Mark diharuskan menghadap departemen pelayanan jaringan Harvard dan membayar denda.Karna dianggap membobol keamnan situs resmi Universitas.
Tapi dia nggak paah semangat, tahun 2004 dia membuat program “ the rome of August “ untuk membantu belajar ujian akhir untuk mata kuliah sejarah. Dari Program ini, Setiap mahasiswa dapat mengirim informasi dan komentar satu sama lainnya. Hasilnya, belajar lebih cepat, praktis, dan mudah mengerti di banding lewat buku biasa. Berkat programnya, Mark dan kawan sekelasnya mendapatkan nilai A , nilai terbaik sepanjang sejarah Harvard untuk mata kuliah sejarah.
Kejeniusan Mark melesat seperti Rocket. Dia meluncurkan Facebook dari kamar asramannya di Harvard, 15 Februari 204. Dalam waktu yang relative singkat, dua pertiga mahasiswa Harvard aktif di Facebook. Kemudian, banyak permintaan dari kampus dan sekolah lain untuk gabung di Facebook. Puncaknya, empat bulankemudian Facebook beranggota lebih dari 45 Kampus dan sekolah di Amerika.
Sebenarnya ide original Facebook nggak dating ketika Mark kuliah di Harvard. Tapi, dia sudah memeikirkannya ketika di SMA. Phillips Exeter Academy, tempat Mark sekolah, punya buku tradisi yang bernama “ The Exeter Face Book “. Nah, dalam buku ini setiap siswa dan komunitas sekolahmengisi biodata mereka secara bergilir satu sama lainnya. Dari situ, Mark membawa ide Face Book ke internet.
Karena niat, dia menggandeng Dustin Moskovitz dan Crish Hughes teman sekamarnya mengembangkan Facebook. Lalu dia membuat keputusan terbesar dalam hidupnya, berhenti kuliaH. Mark yang penganggguran pindah ke Palo Alto California. Berkat kegigihannya Ke PaloAlto California. Berkat kegigihannya, Pendiri PayPal, Peter Thil, dan Pendidri, Sean Parkrt memberikan investasi pertamannya. Akhirnya agustus 2005, Perusahaan Facebook resmi didirikan. Sayangnya, Mark mengembangkan perusahaannya sendiri, nggak bersama team nya lagi. Facebook berkembang sangat pesat. Saat ini tercatat 175 juta pengguna  aktif yang mengaku jatuh cinta dengan aplikasi dan fasilitasnnya. Facebook pun kebanjiran uang.
Kontroversi seputar  Facebook terus berlanjut. Frienster mengaku menawarkan tawaran membeli situsnya setara 10 juta USD dan di tolak mentah-mentah. Yang paling mencengangkan dia menolak Viacom dan yahoo! Dngan harga fantastis swbesar 1 milyar dollar Amerika. Berkat prestasinya, TIME Magazine mendeklarasikan  Mark dalam “ 100 orang  yang paling berpengaruh”. Sedangkan Forbes mengklaim dirinyadi posisi ke 321 dari 400 org terkaya di Amerika denan total lekayaan yang sama dengan Operah sebesar 1.5 milyar USD.   

0 komentar:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites