Kamis, 02 Juni 2011

EmoPedia

EMOPEDIA

FATAMORGANA
Fatamorgana terjadi karena cahaya yang datangnya miring terhadap permukaan bumi, dari lapisan udara rapat ke lapisan udara yang lebih renggang di dekat permukaan bumi yang panas mengalami pemantulan sempurna (tidak dibiaskan) akhirnya, arah cahaya itu kemudian naik meninggalkan bumi. Inilah yang membuat terjadinya bayang-bayang semu benda di permukaan bumi. Arah bayangan itu terbalik, seperti bayangan benda di bawah permukaan air. Fatamorgana ini terjadi di permukaan bumi yang panas seperti jalan aspal dan padang pasir.

KOALA
 Phascolarctos adalah nama ilmiah koala yang berarti “beruang kantung”. Sepintas nama ini cocok untuk makhluk halus berekor puntung yang sehari-hari mengantuk di pepohonan. Tetapi secara anatomis, koala sama sekali berbeda dengan beruang omnivora sejati. Koala hanya makan eucalyptus jenis tertentu saja, dan hidupnya selalu bergantung pada makanannya itu. Koala dewasa kira-kira sebesar buldog dan melahap satu kilogram daun itu setiap malam, dan hanya itu saja. Nama koala memang berasal dari bahasa pribumi yang berarti “tanpa minum”.
            Karena makanan khussusnya itu, angka kelahiran yang rendah (koala hanya melahirkan satu anak setiap dua tahun), keogahanya untuk bersembunyi di siang hari, gerak-geriknya yang lamban dan kulitnya yang lembut banyak disukai orang, maka koala terpukul hebat dengan peradaban manusia. Empat puluh tahun yang lalu, koala hampir punah. Tetapi para ahli pelestarian Australia berhasil mengubah nasibnya dan kini populasi koala sudah tak terancam dan berbiak lagi. J

BAHASA INGGRIS
Bahasa Inggris sudah berumur lebih dari 1.500 tahun dan selama itu bahasa Inggris mengalami banyak perubahan dalam hal tata bahasa, pengucapan maupun bentuk hurufnya. Kata-kata asli sebagian dibuang, digantikan dengan kata-kata serapan dari berbagai bahasa lain sehingga bahasa Inggris yang kita kenal sekarang sangat berbeda dengan bahasa asalnya yang lazim disebut bahasa Inggris kuno (Old English). Perubahan dan perkembangan ini terjadi ketika bangsa Inggris didatangi oleh berbagai bahasa suku bangsa dari luar. Mereka membawa kebiasaan masing-masing, saling memepengaruhi dan memperbaharui. Ini terjadi terutama ketika bangsa Inggriss diserbu oleh William Sang Penakluk untuk membawea bahasa Perancis Normalia tahun 1066. Bahasa ini semakin banyak diserap dan dipakai sehingga bahasa Inggris menjadi sangat berbeada dengan Old English. Inilah yang disebut dengan bahasa Inggris pertengahan (Middle English)



SANGAKAKALA
Dari Abu Hurairoh, Rasulallah SAW menerangkan tentang sangkakala. Sangkakala adalah tanduk yang terbuat dari cahaya, besar bulatannya seperti luas langit bumi dan langit. Sangkakala diciptakan ketika Allah selesai menciptakan langit dan bumi  kemudian diberikan kepada malaikat Isrofil. Malaikat Isrofil meletakkan sangkakala tersebut di mulutnya dengan membelakakan matanya ke Arasy. Ia tengah menunggu kapan diperintahkan untuk meniupnya. Sangkakala itu akan ditiup tiga kali. Tiupan pertama untuk mengejutkan, tiupan kedua untuk mematikan dan tiupan ketiga untuk membangkitkan kembali.

TAHI LALAT
 Tahi lalat sebenernya termasuk tumor, dalam bahasa kedokteran disebut pigmentosus yaitu tumor jinak di mana sel-sel penghasil pigmen terkumpul di suatu tempat di tubuh kita. Bakal tahi lalat sudah ada sejak kita masih dalam kandungan, tapi biasanya kelihatan setelah usia remaja. Hal ini karena perubahan hormonal memasuki masa remaja merangsang pembentukan pigmen di tempat tersebut. Umumnya tahi lalat tidak berbahaya. Tapi hati-hati, tahi lalat bisa menjadi tumor ganas kalau sering tergesek, lecet atau luka. Tandanya yaitu tahi lalat cepat membesar, pigmennyya tambah gelap, kulit sekitarnya memerah dan gatal. Kalau sudah ada tanda-tanda seperti itu segera hubungi dokter.


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites